Apa Manfaat Pendataan Keluarga Tahun 2021 dan Bagaimana Alurnya?

Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan Jawa Tengah siap mendukung dan mensukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021 melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Grobogan di bawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional yang siap melakukan pendataan dimulai 1 April sampai 31 Mei 2021 mendatang.

Ibu Indartiningsih, S.Sos., MM., Kepala DP3AKB Kabupaten Grobogan mengemukakan bahwa DP3AKB Kabupaten Grobogan telah memulai Pendataan Keluarga tahun 2021 dengan launching di Kediaman PLH Bupati Grobogan dan Rumah Bupati Terpilih. Kader Pendata mulai menyebar di kecamatan-kecamatan. Pendataan Keluarga 2021 ini merupakan agenda 5 tahunan. Sebagai persiapan, masyarakat perlu menyiapkan Kartu Keluarga dan KTP anggota keluarga yang akan didata. Petugas akan memberikan sejumlah pertanyaan yang harus dijawab dengan sebenar-benarnya. Manfaat pendataan keluraga ini adalah pemerintah mendapatkan data mikro keluarga secara valid sehingga perlu diselenggarakan dengan by name by address. Data ini penting sebagai dasar pengambilan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah dalam peningkatan ataupun pemerataan pembangunan, khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dalam program tersebut, DP3AKB Kabupaten Grobogan mengerahkan Petugas Pengumpul Data yang terdiri dari unsur Pemerintah, Masyarakat serta Kader Keluarga Berencana yang terlatih dan berasal dari lingkungan RT atau RW yang ditempatinya dengan cara mendatangi rumah ke rumah.

Tina Dwi S, Kader Pendata PK21 menuturkan, “Kami diberi bekal untuk membuka aplikasi, cara mengisi sampai selesai. Kendalanya, karena kita pakai aplikasi, kadang susah input datanya, dan karena saya mendata di pagi hari, banyak rumah yang kosong dan masyarakat tidak menyiapkan KK atau KTP sebelumnya sehingga membutuhkan waktu yang lebih untuk melakukan pendataan.

Ibu Sri Murahati, SE, Kabid P4KB DP3AKB Kabupaten Grobogan memaparkan bahwa 2.702 orang Petugas Pengumpul Data tersebar di 19 kecamatan dengan target 505.026 Kepala Keluarga yang didata. Yang paling utama dari pendataan ini adalah terkait keluarga atau jumlah keluarga, kemudian program keluarga berencana, penambahan balita, dan kemungkinan ada stunting baru.

Ikuti Kami

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Grobogan

Kontak Kami

Copyright 2021 DP3AKB Kabupaten Grobogan © All Rights Reserved