keren broGrobogan, Hariangrobogan.com – Pemerintah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, memang mempunyai cara sendiri untuk melindungi anak-anak dari kekerasan fisik dan seksual, yaitu mendirikan Lembaga Perlindungan Anak Desa (LPAD) tersebar di 280 desa dan kelurahan yang ada.

“Berdirinya lembaga ini, diharapkan warga tidak segan untuk memanfaatkan dan melaporkan jika ada kasus kekerasan terhadap anak,” ujar Kabid Perlindungan Anak dan Perempuan Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Grobogan Lestariningsih saat acara gelar kegiatan penguatan kapasitas forum anak di Gedung Riptaloka Purwodadi, Rabu (25/05/2016).

Selain LPAD, BP3AKB juga sudah mulai terbentuk forum anak di level kecamatan. Direncanakan dalam waktu dekat akan dibentuk hingga tingkat desa. Forum anak ini anggotanya adalah anak-anak berusia di bawah 18 tahun.

Erry Pratama Putra dari Pro Child Community Indonesia selaku pembicara dalam acara tersebut menyatakan, selain memiliki hak, anak juga harus mempunyai kewajiban seperti menghormati kepada orangtua, wali dan guru.

“Forum anak bisa sebagai media komunikasi anak-anak, orang dewasa, orang tua, masyarakat dan pemerintah dalam pemenuhan hak-haknya. Dengan begitu, anak dapat memperoleh ruang untuk berpartisipasi,” ujarnya. (Red-HG99/Tas-KR).

Sumber : http://www.hariangrobogan.com/2016/05/keren-bro-hanya-di-grobogan-ada-lembaga.html

 

Go to top