DP3AKB Gencarkan Sosialisasi Penurunan Stunting

GROBOGAN – DP3AKB Kabupaten Grobogan melaksanakan sosialisasi isue strategis gender untuk penurunan angka stunting di kecamatan Brati pada tanggal 31 Januari 2022 di Aula Pertemuan Kecamatan Brati. Kegiatan tersebut dihadiri Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Dr. Wahyu Setianingsih M.Kes Epid), Camat Brati, Lintas Sektoral Kecamatan Brati, Kepala Desa se Kecamatan Brati, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Brati.

Permasalahan stunting di Kabupaten Grobogan, merupakan persoalan yang tidak bisa ditangani oleh satu OPD saja merupakan tanggung jawab bersama atau cross casting issue. Sehubungan dengan hal tersebut maka melalui sosialisasi isu strategis gender yang merupakan gerakan bersama antara pemerintah serta partisipasi dan masyarakat tentang berbagai faktor yang berhubungan dengan kematian ibu, bayi dan balita serta peningkatan pemberdayaan perempuan perlu dilakukan.

Stunting pada anak merupakan masalah gizi yang menjadi masalah nasional, hal ini dikarenakan stunting berdampak negatif terhadap sumber daya manusia di masa yang akan datang. Stunting pada anak balita disebabkan oleh multifactor seperti komsumsi gizi selama hamil, pengetahuan ibu tentang gizi, akses pelayanan yang terbatas, akses sanitasi dan kebersihan air yang kurang memadai. Dampak stunting yaitu penurunan kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, menghambat pertumbuhan ekonomi dan produktifitas kerja dan memperburuk kesenjangan. Stunting pada balita dimana tinggi badan lebih pendek dari usia pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kejadian stunting pada balita di Kabupaten Grobogan.

Sepanjang pandemi, tantangan baru dapat dihadapi oleh berbagai sektor kritis kemajuan bangsa, seperti kesehatan, ekonomi, hingga pendidikan. Khususnya pada anak, target penangulangan hambatan kesehatan seperti Stunting menjadi semakin terbebani ditengah pandemi. Padahal, pemerintah sedang merencanakan target penuruan angka balita Stunting menjadi 14% pada 2024. Semoga angka stunting semakin menurun.

Ikuti Kami

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Grobogan

Kontak Kami

Copyright 2021 DP3AKB Kabupaten Grobogan © All Rights Reserved